Sabtu, 21 Januari 2017

15+ Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat Uenak Banget

Makanan Khas Pontianak - Hai sahabat infofreemium bertemu lagi bersama mimin disini dan pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang makanan atau jajanan khas kota Pontianak tepatnya di Provinsi Kalimantan Barat. Bisa dibilang Pontianak juga termasuk surganya makanan-makanan enak, karena dari sana terlahir makanan-makanan yang dapat menggoyang lidah Anda nantinya.

Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Oke, langsung saja karena Pasti sudah banyak yang tidak sabaran ya untuk mencoba apa-apa saja makanan khas dari Pontianak ini :

1. Bubur Pedas


Yup! Bubur Pedas yaitu satu diantara kuliner terpopuler dari kotas Pontianak. Kuliner yang satu ini termasuk khusus lantaran memakai beberapa bahan unik, anatara lain pucuk daun pakis, daun lengkuas, serta dauh-daun rempah yang lain. Rasa bubur ini juga begitu kaya lantaran anda dapat temukan kangkung, daun kesum, dan kacang goreng serta teri sebagai taburan di atasnya. Hmm…pokoknya ditanggung yummy! 

2. Burung Punai


Terkecuali bubur pedas, kuliner lain yang tidak kalah popular yaitu olahan Burung Punai. Burung Punai yaitu type burung yang serupa dengan burung merpati, berwarna hijau serta berparuh kemerahan. Burung-burung itu umumnya di tangkap lewat cara dijaring serta banyak diketemukan di sekitaran Pontianak serta Mempawah. 

Burung Punai umumnya di proses lewat cara digoreng atau dibakar. Struktur daging Burung Punai yang begitu gurih serta lembut merasa lezat disantap hingga waktu bertandang ke Pontianak, anda tidak bisa melupakan peluang untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

3. Kwe Cap


Kwe Cap yaitu makanan suku Tio Chew, lucunya di china yg cuma dapat diketemukan jika anda berpesiar ke kota chao chow or shan tou China.. terkecuali di Pontianak, makanan ini dapat di jual di Thailand. Bahkan juga ada instant nya merk “Papa” 

Kwecap saat ini yg di jual di Pontianak juga telah alami inovasi dari rasa serta kelengkapan. Lantaran kwecap yg saya makan 20th lantas tidak sama dgn yg saat ini. Walaupun anda dapat temukan banyak penjual kwecap di tepi jalan gajah mada atau Setia budi, kwecap terenak serta termahal pastinya masihlah dipegang oleh kwecap Veteran di jalan Veteran.

4. Chai Kwe


Untuk rekan rekan yang dari Jakarta tentu tak asing lagi dengan yg namanya chaikwe atau choi pan.. Kue diisi sayur yg dibungkus dengan adonan tepung beras. Walau demikian di pontianak ada dua versus yakni kukus serta goreng. Berisi juga lebih variasi yakni bengkoang, kucai, kacang, rebung, serta talas. 

Ketidaksamaan paling utama lagi yaitu di pontianak anda dapat coba choypan yg segera dikonsumsi sesudah keluar dari dapur. Jadi masihlah panas serta belum berminyak… Referensi cobalah di jalan Siam atau di Siantan

5. Sotong Pangkong


Sotong Pangkong yaitu satu diantara makanan khas Pontianak yang nampak waktu bln. Ramadhan. Sotong Pangkong sendiri terbuat dari cumi yang sudah dikeringkan lantas serta dimasak lewat cara di panggang. Sesudah dipanggang, sotong bakal dipukul-pukul supaya dagingnya lebih empuk. Sotong Pangkong ini dihidangkan dengan kuah sambal kacang atau asam pedas manis. Waktu dilumuri kuah sambal, rasa gurih dari cumi ini bakal merasa lebih nikmat dimulut.


6. Lek Tau Suan


Lek Tau Suan yaitu makanan yang terbuat dari kacang hijau kupas. Sesuai sama namanya, Lek Tau San sendiri datang dari bhs Tionghoa yang bermakna Butiran Mutiara Kacang Hijau. Nama ini sesuai sama penampilan menu Lek Tau Suan yang biji-biji kacang hijaunya terlihat berkilauan seperti mutiara saat terserang cahaya jelas. 

Lek Tau Suan dimasak dengan kombinasi kuah kental bening terbuat dari kombinasi tepung tapioka, gula pasir serta daun pandan. Penganan ini dihidangkan berbarengan gorengan Ca Kwee yang garing hingga waktu disantap merasa manis, lembut, sekalian renyah.

7. Bakmi Kepiting



Bakmi?? Gak asing ahh…tapi tunggulah dahulu.. bakmi kepiting pontianak itu rasa-rasanya tidak ada lawan. Dari teksturnya yg lembut, kecil hingga rasa asin manis nya yg cocok ditambah topping yg elegan seperti daging kepiting. 

Di pontianak 2 nama paling besar utk bakmi yakni bakmi owki serta bakmi juhuy…

8. Sagu Gunting



Rasa manis dari gula merah serta susu, ditambah struktur sagu yg seperti supaya agar.. bikin makanan ini jadi jajanan yg segar… 

Makanan ini dahulu di jual oleh acek acek dengan mendorong gerobak dari tempat tinggal ke tempat tinggal.. saat ini telah tidak sering ketemu lg yg demikian.. Ada 3 stand di jalan waru serta 1 di jalan tanjung pura yg setiap hari berjualan. Serta waktu saat ini penyajiannya juga jadi lebih wah lantaran dapat digabung dengan ketan hitam, bongko, serta kacang merah…

9. Mie Tiaw Pontianak



Tidak komplit rasa-rasanya bila traveling ke Pontianak tanpa ada singgah ke Jalan Pattimura untuk menyantap sepiring Mie Tiaw Apollo. Ditempat ini ada mie tiaw goreng atau siram yang pasti lezat disantap panas-panas. Mie tiaw gurih dengan penambahan daging sapi, jeroan, telur, daun sawi serta toge ditanggung buat anda mujur telah bertandang ke kota Pontianak.

10. Eskrim Petrus atau Eskrim Angi



Nama Es Cream Petrus ini digunakan karena tempatnya yang ada pas di depan sekolah Santo Petrus di Jalan Karel Satsuit Tubun, Pontianak. Es cream ini memanglah telah populer di kelompok orang-orang Pontianak serta beberapa wisatawan. 

Es cream yang di buat dengan cara homemade ini miliki beberapa pilihan rasa seperti coklat, vanila, strawberry, durian, cempedak, sampai nangka. Dalam seporsi es cream, ada juga bahan kombinasi lain seperti kacang merah, cincau hitam, bebrapa supaya serta lelehan cokelat. Penyajiannya juga termasuk unik lantaran konsumen dapat request memakai gelas umum, cup, roti, atau bahkan juga batok kelapa muda. Bagaimana, cukup unik ‘kan?

11. Bakmi Manis Pontianak


Bakmi digoreng manis, simpel tak berdaging. Namun begitu disukai warga. Jalan setia Budi

12. Bakso Pontianak


Baksoo???? Inimah di semua indonesia jg ada!!! Nah janganlah salah cobalah dahulu bakso ikan di jalan nusa indah, atau bakso PSP di jalan merdeka, atau bakso sapi gepeng Achan di nusa indah juga atau bakso. 21 singkawang.. baru deh anda dapat tahu apakah itu bakso sebenarnya… Kaldu asli yg gurih ditambah adonan bakso asli minim penambahan tepung…

13. Pengkang



Bila anda berlibur ke Pontianak, janganlah sangsi untuk menjajal satu diantara kuliner khas Pontianak yang miliki nama Pengkang ini. Pengkang terbuat dari beras ketan yang didalamnya berisi ebi. Pengkang lalu dibungkus dengan daun pisang sampai membuat kerucut serta diikat dengan bambu lalu dibakar. Pengkang umumnya dihidangkan dengan sambal kepah atau sambal kerang yang terdapat banyak di daerah pesisir.

14. Pisang Goreng Pontianak



Pisang goreng memanglah adalah jajanan yang dapat anda jumpai di banyak tempat di Indonesia. Tetapi, pisang goreng khas Pontianak ini tidak sama dari selainnya. Pisang goreng khas Pontianak populer renyah lantaran ada kremesan yang membungkusnya. Diluar itu, pisang goreng Pontianak juga umumnya dihidangkan dengan beragam jenis selai rasa seperti coklat, susu, pandan, durian, kacang, nangka, keju, atau sarikaya.

15. Es Lidah Buaya


Pontinak jadikan lidah buaya sebagai satu diantara komoditas andalannya. Tidak heran bila di kota ini anda dapat temukan bermacam olahan makanan memiliki bahan basic lidah buaya. Dari mulai dodol, kerupuk, permen, sampai sirup juga ada. 

Tetapi satu diantara yang harus anda cicipi yaitu es lidah buayanya. Es lidah buaya khas Pontianak ini paling nikmat disantap waktu cuaca panas, terlebih sesudah anda capek jalan-jalan untuk berburu kuliner. Terkecuali fresh, minuman ini dapat memiliki kandungan banyak faedah yang baik untuk badanmu lho!

16. Bingke Pontianak



Tidak komplit rasa-rasanya bila berjalan-jalan tanpa ada membawa oleh-oleh untuk rekan serta keluarga dirumah. Nah waktu liburan di Pontianak, janganlah lupa beli beberapa makanan khas kota Pontianak sebagai oleh-oleh. Terdapat banyak type penganan yang dapat anda tentukan, diantaranya coklat wijen khas Pontianak, kue Bingka, atau lempok durian. 

Kota Pontianak memanglah termasuk istimewa, terlebih dengan kekayaan kuliner yang dipunyainya. Tersebut kenapa anda layak menuliskan kota Pontianak sebagai kota maksud wisatamu selanjutnya! Selamat berjalan-jalan, ya!

Nah, itulah jajanan atau makanan khas kota Pontianak Kalimantan Barat yang perlu Anda cicipi jika berkunjung kesan, semoga bermanfaat, ditunggu "Info Freemium" selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar